Cara Merawat Baterai Laptop Dengan Benar


http://christiandwiwijaya.blogspot.com/-Baterai laptop adalah sumber energi ke-dua Laptop selain dari arus Listrik PLN. Apa baterai laptop agan mulai melemah? Itu wajar, yang tidak wajar adalah baterai laptop agan berkurang dengan sangat cepat, Agar hal tersebut tak terjadi ane punya tips tentang Merawat Baterai Laptop


Berikut
Cara Merawat Baterai Laptop Dengan Benar

1. Jangan Biarkan Baterai Sampai Kosong 0%
Terlalu sering mengosongkan baterai akan memperpendek umur baterai. Sebelum baterai habis, charge baterai tersebut sampai penuh 100%. Pengguna laptop dapat melakukan setting laptop mati sebelum baterai kosong di bagian Power Options (Pojok kanan bawah).



2. Atur Power Baterai

Jika ingin baterai lebih awet, ane saranin agan untuk memilih 'Max Battery' pada Power Option (Control Panel). Control Panel\Hardware and Sound\Power Options Pilihan ini akan menghemat penggunaan daya baterai karena hanya membutuhkan kecepatan prosesor minimal semisal untuk membaca dokumen atau mengecek e-mail. Tetapi sebagai akibatnya dari pilihan Max Battery adalah kecepatan laptop dalam arti performa laptop akan menurun. Untuk tips satu ini sesuai selera agan saja, tergantung pemakaian agan.



3. Hindarilah Suhu Ekstrem

Baterai laptop sensitif dengan perubahan suhu, maka hindari suhu yang terlalu panas atau dingin. Hindari baterai laptop terkena terik sinar matahari atau sumber panas lainnya. Sebaiknya laptop yang berisi baterai tidak diletakkan di dalam mobil yang terkena langsung panas matahari. Gunakan cooling pad saat laptop digunakan dalam jangka waktu lama agar baterai tidak panas. Suhu panas dapat merusak baterai dan mengurangi umur baterai. Karena itu pastikan laptop mendapat ventilasi (aliran udara) yang cukup saat digunakan. Selain itu, hindari untuk menyimpan laptop di kasur, karpet dan meja kaca karena panas yang dikeluarkan oleh Laptop tidak dapat diserap sehingga sirkulasi tidak bisa berjalan dengan baik.



4. Jangan Terlalu Sering Memasang/Melepas Baterai

Sebaiknya jangan melepaskan baterai walaupun agan merasa akan bekerja lama dengan laptop. Jika agan melepas baterai dan langsung menggunakan listrik, dikhawatirkan apabila tiba-tiba listrik mati perangkat laptop terjadi konsleting (LCD,motherboard,dll) dan mengakibatkan kerusakan laptop. Apabila ingin menggunakan Laptop dalam jangka waktu lama sebaiknya menggunakan Colling Pad (kipas pendingin Laptop) sehingga ada sirukulasi dan bisa sedikit meredam panas dari baterai beserta perangkat Laptop.




5. Atur Kecerahan Layar

Atur kecerahan layar monitor untuk mengurangi penggunaan daya yang berlebihan. Perlu diketahui bahwa semakin terang layar agan, maka akan semakin banyak power baterai yang dikonsumsi. Atur brightness layar laptop agan ke posisi yang lebih redup, setidaknya asalkan agan tetap nyaman melihatnya.



6. Kurangi Perangkat Eksternal Yang Tidak Perlu

Kurangi penggunaan device seperti USB Flash Drive dan perangkat eksternal lainnya secara berlebihan, termasuk Wi-Fi dan semua perangkat keras jika tidak terlaku dibutuhkan. Lepas atau non aktifkan jika perangkat eksternal tersebut tidak terpakai. Sebaiknya eject saja atau putuskan koneksinya untuk menghindari penggunaan terlalu banyak daya baterai. Jika tetap terpasang hal ini akan cepat menguras daya baterai laptop.




7. Hindari Penggunaan Aktivitas Multimedia

Jangan menonton video atau mendengarkan musik langsung dari DVD/CD, dikarenakan aktivitas ini sangat banyak mengonsumsi daya baterai. Jika mau mendengarkan musik, gunakan pemutar musik portabel, seperti iPod, atau salin video yang ingin ditonton ke dalam hardisk terlebih dahulu baru ditonton. Jika langsung memutar dari CD dan DVD akan membutuhkan daya yang besar bahkan ketika mereka tidak aktif untuk digunakan.




8. Hindarilah Multitasking

Jangan memberikan perintah berlebihan pada laptop agan. Karena perintah berlebihan akan membuat baterai laptop cepat habis Usahakan tidak membuka banyak aplikasi sekaligus ketika bekerja menggunakan baterai. Sebaiknya tutup aplikasi yang tidak diperlukan. Semakin banyak aplikasi yang dijalankan/dibuka maka akan semakin besar daya baterai yang dikonsumsi. Lakukan proses pada aplikasi yang kita butuhkan saja.




9. Rajinlah Membersihkan Ventilasi

Selain itu, rajin-rajinlah membersihkan ventilasi laptop dengan alat khusus yang bisa dibeli di toko komputer. Ikuti petunjuknya dan pastikan laptop dalam keadaan mati sebelum dibersihkan. Ini menjaga agar tidak ada penumpukan debu pada ventilasi laptop.




10. Kurangi beban CPU

Aktifitas seperti email dan word processing yang bebannya kecil untuk CPU laptop, menggunakan tenaga baterai lebih kecil daripada menjalankan sebuah game atau menonton DVD. Jadi pilih prioritas dengan bijaksana.


Artikel Rekomendasi




Sekian


SALAM Blogger