Jakarta Banjir, Manado Banjir, Indonesia Bergelimpangan Bencana, Siapa yang Salah? Solusinya?

Jakarta Banjir, Manado Banjir, Indonesia Bergelimpangan Bencana, Siapa yang Salah?

Kita semua tahu Indonesia saat ini sedang dilanda bencana secara bertubi-tubi. Tak hanya di Manado, banjir pun terjadi di berbagai daerah di Indonesia termasuk banjir di kawasan ibukota DKI Jakarta.

Tak perlu saya jelaskan kembali, karena sudah terlihat jelas di berbagai media seperti koran, radio, bahkan televisi hampir setiap hari terdapat berita terkini mengenai bencana-bencana tersebut. Banyak penduduk meninggal dengan puluhan ribu orang tak bersalah terpaksa harus mengungsi tanpa adanya perhatian khusus dari pemerintah.

Lalu, Siapa yang Salah?

Benar, jika Jakarta Banjir, Manado Banjir, Indonesia bergelimpangan bencana, Siapa yang salah?

Menentukan siapa yang salah pun, banyak orang berselisih. Ada yang menganggap Jokowi yang salah, ada yang menyalahkan penduduk yang tidak taat dan seenaknya sendiri melanggar aturan, ada yang menyalahkan satu sama lain karena tidak mau introspeksi diri, dan ada pula yang menyalahkan dirinya sendiri karena sering membuang sampah sembarangan. 

Untuk alasan terakhir, saya cukup setuju. Berarti masih ada saja orang yang peduli dan mau introspeksi atas apa yang dilakukannya pada negara. :)

Jakarta adalah kota yang panas, kota yang sempit namun dengan jumlah kendaraan yang terus bertambah secara signifikan setiap harinya tanpa adanya jumlah yang seimbang dengan kendaraan yang dijual dan dibuang. Orang Indonesia mana sih yang mau buang-buang kendaraan?

Hal inilah yang mungkin menjadi permasalahan kemacetan di Jakarta, dan secara umum di Indonesia. Jumlah penduduk yang terus meningkat berkali-kali lipat secara signifikan, jumlah kendaraan yang meningkat pula, dan jumlah para koruptor serta badan usaha yang itu-itu saja yang harus diselesaikan oleh para pejabat negara. 

Alhasil, kriminalitas dimana-mana, hutan-hutan dijebol hanya untuk pelebaran jalan, pepohonan ditebang hanya untuk memenuhi hasrat manusia untuk dapat tinggal nyaman tanpa macet. Nah sekarang,
Siapa sebenarnya yang salah?
Tak ada seorang pun yang secara khusus bisa disalahkan. Semua pihak mulai dari para petinggi hingga rakyat jelata menjadi tolak ukur permasalahan bersama. Tidak sepatutnya saling menyalahkan dan mengolok-olok satu sama lain, karena pada dasarnya menyalahkan seperti itu tidak akan mengeluarkan dari masalah-masalah ini.

Jakarta Banjir, Manado Banjir, Indonesia Bergelimpangan Bencana, Solusinya?

Saling introspeksi diri adalah kuncinya. Perasaan merasa bersalah dan berkomitmen untuk saling menjaga lingkungan adalah solusinya. Dari sudut pandang saya pribadi, Indonesia sangat meremehkan hutan. Harusnya penduduk pribumi Indonesia tidak serta merta menebang pohon seenaknya demi kepentingan manusia sendiri, melainkan lebih baik saling menjaga satu sama lain.

Dalam artian, apa tidak lebih baik menggunakan hutan sebagai tempat tinggal yang modern, tanpa menghilangkan unsur kealamian hutan tersebut?

Indonesia harusnya berkaca diri,, :(
Post a Comment